Sabtu, 12 Juli 2008

KONSULTASI KESEHATAN REPRODUKSI

CEMAS KARENA KEPALA TIDAK MASUK PANGGUL
Saya ibu F M ,28 tahun saat ini sedang hamil yang ke 3 perkiraan persalinannya 2 minggu lagi dok, saya sangat cemas, oleh karena dokter saya bilang kepala belum masuk rongga panggul, tolong jawab dok apakah harus dioperasi?

Nyonya FM di GIANYAR
Jawab
Nyonya FM yang lagi cemas, belum masuknya kepala(pada presentasi kepala) ke rongga panggul usia kehamilan lebih dari 36 minggu pada kehamilan pertama memang bermasalah karena secara normal kepala harus sudah masuk pintu panggul sehingga perlu dicari penyebabnya, bisa berasal dari faktor janin, panggul, atau plasentanya.Tetapi kalau ini kehamilan yang ke 3 ibu ngak usah cemas karena pada kehamilan yang ke 2 dan seterusnya kepala janin akan masuk ke pintu panggul pada saat terjadi kontraksi rahim sehingga tidak harus di operasi, dengan catatan tidak ada kelainan lain pada pemeriksaan rutin. Supaya ibu tidak cemas berkepanjangan sebaiknya konsultasikan ulang ke dokter pribadi ibu.
PERTANYAAN

Dokter saya perempuan 27 tahun sudah menikah 5tahun yang lalu sampai saat ini belum mempunyai anak, ada keluhan nyeri setiap menstruasi saya sudah periksa ke dokter kandungan dikatakan diperut saya ada kista ukuran 4 cm, apakah harus di operasi dok? Ganas apa ngak dok, saya takut sekali.

Mar di KLUNGKUNG
Jawab:
Ibu Mar yang ketakutan, kalau bicara tentang kista kita harus bedakan apakah ini tipe ganas atau tipe jinak, melihat data ibu yang sudah menikah 5 tahun tapi belum mempunyai anak disertai keluhan nyeri saat haid kecurigaan saya kearah kista “endometrioma”yang terjadi akibat tumbuhnya jaringan yang menyerupai endometrium(dinding bagian dalam rahim) di indung telur, dengan fungsi yang hampir sama dengan endometrium. Bila haid, jaringan endometrium didalam rahim akan mengelupas dan mengeluarkan darah begitu juga jaringan endometrium yang ada di indung telur akan mengeluarkan darah, akibatnya akan terbentuk kantongan darah di indung telur yang dikenal dengan endometrioma( endometriosis yang terjadi di indung telur). Kista ini tidak ganas, tetapi sangat berpengaruh pada kemandulan yang ibu alami saat ini, karena kista akan menyebabkan penekanan pada indung telur, akibatnya perkembangan sel telur terganggu. Kista ini juga menyebabkan nyeri hebat pada saat menstruasi. Penanganan kista ini bisa dengan cara operasi atau dengan menggunakan obat-obatan yang menekan fungsi hormon. Agar lebih jelas silakan diskusikan dengan dokter kandungan ibu. Semoga ibu tidak takut lagi.

6 komentar:

Nadya mengatakan...

Malam dokter,saya seorang wanita berumur 22 tahun baru berumah tangga ini,saya sekarang dibingungkan karena cerita2 teman2 saya yang bercerita tentang kehamilan mereka2,yg saya mau tau kbenaran dari cerita mereka apakah benar bisa terjadi di dalam dunia medis seperti hal dibawah ini :

1. Teman saya hamil anak pertama dan melahirkan dengan kandungan 9 bulan,1 bulan berselang masa nifas dia meminta bidan untuk suntik KB tetapi bidan menolak dengan alasan,akan menyuntik setelah menstruasi,dlm 1 bulan setelah melahirkan ini akhirnya dia dicek bidan ternyata sudah hamil 2 bulan,sedangkan 1 bulan setelah melahirkan dia tidak pernah berhubungan badan dengan suami,bagaimana tanggapan dokter mengenai hal ini? anak keduanya lahir normal sekarang.

2. Tetangga saya bulan pertama menstruasi lalu disuntik mantri,bulan kedua menstruasi disuntik KB lagi,terus bulan ketiga tidak datang menstruasi setelah diperiksa mantri ternyata sudah hamil 3 bulan,hal apa yang menyebabkan bisa terjadi begitu?

3.Apakah penyakit gonorea pada suami bisa menular pada istri,sudah 1 kali disuntik belum juga sembuh,sedangkan sampai saat ini saya tidak pernah mengalami seperti yang suami saya rasakan.apakah berbeda antara seorang laki2 dan perempuan yang terkena gonorea dan apakah menghambat proses memperoleh anak,krena ada kemungkinan skarang saya hamil.

Tolong dijawab ya dokter keigintahuan saya ini,terimakasih. Nadya di Samarinda.

Unknown mengatakan...

Saya pengantin baru. Seminggu sebelum masa haid saya datang, saya selalu berhubungan suami istri. Tetapi setelah masa haid hatang yang terjadi haid saya tidak lancar. Darah haid yan keluar sedikit sekali tidak seperti biasanya. Apakah ini juga terjadi di semua orang atau saya tidak normal atau saya mengalami tanda-tanda hamil? Tolong penjelasanya? Dan apa resiko ketika sedang haid tetap menjalani hubungan suami istri?mohon penjelasanya dok,..siklus haid saya pada bulan april datang tgl 21 berakhir tgl 25
pada bulan mei datang tgl 23 berakhir tgl 28
pada bulan juni datang tgl 20 berakhir tgl 25
nah di bulan juli ini saya menikah tgl 12 juli dan mulai melakukan hubungan suami istri sejak tgl 14 sampai tgl 23 juli dan tgl 23 itu suami mendapati celana saya ada bercak darah,.tgl 24 darah yang keluar sangat sedikit tidak selayaknya darah haid pada saya yang biasanya sampai terjadi tgl 28 saat ini,..bagaimana dok?

Unknown mengatakan...

pagi dok..
Saya mau tanya jika seorang wanita yang sedang masa haid dia melakukan oralseks dengan mengesek2 kan kemaluan pria ke kemaluan wanita dan madzi menempel di dingding vagina apakah bisa terjadi kehamilan...??
Mksh

Unknown mengatakan...

Dok, saya hamil anak kedua,,pada saat umur kandungan 37 minggu saya mengalami ambaien dan terasa nyeri sampai tidak bisa dduk atau jalan,,bagaimana solusi agar ambaien saya hilang,,
Dan apakh saya bisa lahiran secara normal,,atau cesar??terima kasih dok

Unknown mengatakan...

Pagi dokter.. Umur sy 49 thn..sdh hampir 2 thn haid sy tdk teratur..sangat nyeri..hrs minum obt. Pereda sakit..darah yg klr pun bergumpal..spt darh mati..mohon saranya..trmksh

Unknown mengatakan...

Dok saya mau konsul, saya menikah sudah 1tahun tp blm hamil.